5 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Baju Sampai Bersih

5 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Baju Sampai Bersih

Menghilangkan noda berupa bintik-bintik hitam pada baju bisa sangat merepotkan. Seringkali kita sudah menyerah duluan sebelum mencoba membersihkannya. Padahal ada beberapa cara menghilangkan bintik hitam di baju menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Dengan begitu baju milikmu jadi lebih awet dipakai. 

Sebenarnya bintik hitam yang sering muncul di pakaian adalah jamur. Jamur bisa muncul di baju ketika kamu membiarkan baju tersimpan lama di tempat lembab. Baju habis pakai milikmu yang basah karena keringat dan mengeluarkan bau apek adalah tempat yang disukai jamur untuk tumbuh. Jadi enggak heran kalau baju kotor yang kamu biarkan terlalu lama jadi dipenuhi jamur. 

Bila dilihat dari warnanya, ada dua jenis jamur yang bisa muncul di baju. Pertama yaitu jamur berwarna putih, paling sering muncul di jaket dan sepatu. Kedua ada jamur berwarna hitam kehijauan, biasa tumbuh subur di suatu permukaan yang kaya kandungan selulosa seperti kertas dan papan. Ketika baju kotormu ditinggal di tempat cucian yang mengandung material tersebut, maka jamur hitam bisa tumbuh dengan mudah. Sekalinya jamur tumbuh sulit untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Baju

Sulit bukan berarti tidak bisa. Kamu dapat melakukan beberapa cara untuk melenyapkan noda jamur di baju-baju favoritmu. Bahan yang digunakan juga mudah ditemukan, bahkan sebagian menggunakan bahan yang biasanya sudah tersedia di rumah. Ini dia cara membersihkan bintik hitam di baju:

1. Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian

Pertama kamu bisa coba menggunakan larutan pemutih pakaian. Cairan pemutih akan bekerja dengan cara menghancurkan struktur jamur dan menghilangkan sporanya. Namun pastikan baju yang akan kamu cuci memang boleh memakai pemutih pakaian. Cek tandanya di label baju. 

Cara mencucinya dimulai dengan mencampurkan satu cup cairan pemutih dengan air. Kemudian rendam baju yang memiliki noda bintik hitam selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu pastikan noda jamur terangkat, bilas menggunakan air bersih, dan selanjutnya cuci pakaian seperti biasa.

2. Air Hangat

Air Hangat

Air panas atau air yang hangat bisa juga kamu pakai untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada baju. Karena air dengan suhu yang tinggi berakibat fatal pada semua organisme, termasuk di antaranya adalah jamur. Air hangat akan mematikan jamur dengan mudah dan membantumu membersihkan baju lebih cepat.

3. Cuka

Cuka

Cuka adalah produk rumah tangga yang sering dipakai untuk membersihkan noda membandel termasuk bisa kamu gunakan buat mematikan spora jamur di baju. Selain mematikan jamur, kandungan asam pada cuka juga akan mencegah tumbuhnya spora jamur yang baru, dan menghilangkan bau apek. 

Cara menghilangkan bintik hitam di baju memakai cuka adalah dengan terlebih dahulu mencampur cuka dan air. Kemudian aplikasikan campuran tersebut langsung ke bagian baju yang memiliki bintik hitam. Biarkan beberapa lama untuk memastikan cuka menyerap ke dalam kain dan membunuh jamur. Baru sesudah itu bilas dan cuci baju sampai bersih.

4. Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida

Jika ternyata cuka belum sepenuhnya mempan menghilangkan bintik hitam yang membandel, kamu bisa gunakan Hidrogen peroksida. Cairan desinfektan yang ampuh buat membunuh bakteri dan jamur. Jika kamu mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, masukkan hidrogen peroksida ke dispenser pemutih atau tuangkan ke dalam mesin cuci yang sudah berisi air. 

Jangan langsung meneteskan hidrogen peroksida ke kain berwarna dalam kondisi kering. Nanti bisa muncul bercak karena warna baju yang luntur. Sebab Hidrogen peroksida ini juga termasuk bahan pemutih pakaian. 

5. Borax

Borax

Bagaimana dengan baju yang harus dicuci kering (dry-cleaned)? Kamu bisa membersihkan bintik hitam menggunakan borax. Serbuk putih ini memiliki kandungan yang sangat kuat untuk membunuh spora dan menghilangkan noda jamur. 


Nah itu dia 5 cara menghilangkan bintik hitam di baju menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Baju favoritmu yang mulai muncul jamur di beberapa bagian bisa bersih kembali dan kamu pakai lagi. Tetap perhatikan label pada baju untuk mengetahui cara tepat mencuci pakaian, agar bisa kamu sesuaikan dengan jenis bahan pembersih mana yang akan kamu pakai. 


Ikuti terus artikel tips dan trik cara merawat pakaian dan konten seputar dunia fashion di blog Greenlight. Termasuk info koleksi fashion item terbaru dari kami. Temukan juga pilihan produk Greenlight yang cocok buat daily wear kamu di official store dan webstore.

Kembali ke blog
whatsapp