5 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari Kayu, Bersih Gak Berbekas

Cara Menghilangkan Jamur di Lemari Kayu, Bersih Gak Berbekas

Bau apek pada baju kadang bisa disebabkan oleh lemari yang berjamur. Bila kamu biarkan lama-kelamaan pakaian milikmu akan kena jamur juga dan akhirnya sulit untuk dibersihkan. Sebelum itu terjadi, ada sejumlah cara menghilangkan jamur di lemari yang bisa kamu lakukan. Karena seringkali kita terlambat mengetahui bahwa ternyata lemari baju sudah dipenuhi oleh jamur. Terutama pada bagian belakang lemari yang menempel ke dinding rumah. 

Penyebab utama jamur dapat tumbuh di lemari kayu adalah tingkat kelembapan. Minimnya ventilasi ditambah dinding belakang lemari yang lembab, mempercepat tumbuhnya jamur. Selain itu, kualitas material kayu lemari pun memengaruhi tumbuh atau tidaknya jamur di wardrobe punyamu. 

5 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari Kayu

Seberapa sering kamu membersihkan lemari pakaian? Tanda kamu harus curiga lemari punyamu mulai berjamur adalah ketika baju terasa dingin dan lembab, lalu muncul bau apek yang tak sedap. Jika iya, maka cobalah keluarkan semua baju dan cek setiap sudut lemari. Kamu bakal menemukan noda-noda hijau kehitaman yang tak lain dan tak bukan adalah jamur. Nah, sebelum sebaran jamur meluas, bersihkan lemarimu dengan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Cuka Putih

Siapkan Cuka Putih

Cairan pembersih yang cocok untuk menghilangkan jamur di lemari adalah cuka putih. Sebaiknya jangan gunakan cairan pemutih pakaian karena sekalipun kamu encerkan dulu larutan pemutih merupakan zat yang sangat kuat. Pemutih baju bisa merusak lapisan pelindung lemari, mengubah warna, dan merusak material kayu. 

Maka dari itu untuk furniture kayu ada baiknya kamu gunakan bahan pembersih yang lebih lembut. Pastikan kamu selalu mengetes cairan pembersih apapun di satu sudut kecil furniture, untuk memastikan apakah ada efek kerusakan atau tidak. Untuk pemakaian cuka putih campurkan dengan air dengan komposisi 1:1. Kamu bisa masukkan ke dalam botol semprot atau di wadah yang tersedia. 

2. Semprotkan Cuka Putih

Semprotkan Cuka Putih

Langkah kedua semprotkan cuka putih ke bagian lemari yang ditumbuhi jamur. Kamu juga bisa aplikasikan campuran cuka putih dan air menggunakan kain lap bersih. Cara ini akan menghilangkan jamur yang terlihat. Kalaupun sudah tampak bersih, besar kemungkinan masih ada spora jamur tersembunyi lebih dalam. Maka dari itu aplikasikan lagi cuka putihnya saja dan biarkan kering selama kurang lebih 30 menit. 

3. Bilas dengan Air Dingin

Bilas dengan Air Dingin

Setelah lemari dibiarkan beberapa saat, bilas permukaan lemari yang diberi cuka dengan air dingin. Air akan membersihkan residu jamur dan larutan cuka yang menempel pada lemari. Selanjutnya lap lemari memakai kain bersih yang kering. 

4. Jemur Lemari di Bawah Sinar Matahari 

Jemur Lemari di Bawah Sinar Matahari

Kamu bisa jemur lemari di bawah sinar matahari untuk memastikan semua spora jamur sudah mati dan lemari kembali kering. Selain itu cobalah untuk menjemur lemari sesekali untuk mencegah agar lemari bajumu tidak mudah lembap. Karena seperti yang disebutkan di awal, tingkat kelembapan tinggi lah yang jadi penyebab jamur tumbuh di furniture. Namun jangan jemur terlalu lama juga, untuk menjaga agar warna lemarimu tidak pudar. 

5. Lapisi Lemari dengan Pernis 

Lapisi Lemari dengan Pernis

Kemudian untuk mencegah jamur tumbuh lagi di wardrobe milikmu, lapisi lemari dengan pernis. Selain menjaga agar jamur tidak muncul kembali, pernis juga akan mempercantik furniture kamu. Setelah itu letakkan kamper di dalam lemari untuk menyerap aroma apek atau tidak sedap. Kamper juga dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Segera bersihkan lemari jika kamu menyadari baju jadi bau apek dan terasa lembap. Karena itu tandanya jamur mulai tumbuh di dalam wardrobe milikmu.  5 cara menghilangkan jamur di lemari kayu ini akan mencegah pakaian-pakaianmu jadi rusak. Karena spora jamur bisa hinggap di pakaian yang menyebabkan munculnya bau apek, warna baju menjadi pudar, bahkan sampai kain baju bisa koyak. Selain itu jamur juga tidak bagus untuk kesehatan bila sampai terhirup. Maka dari itu gunakan masker dan sarung tangan sewaktu kamu membersihkan jamur di lemari. Begitu pun saat mencuci baju yang terkena noda jamur. 

Ikuti terus artikel tips dan trik cara merawat pakaian dan konten seputar dunia fashion di blog Greenlight. Termasuk info koleksi fashion item terbaru dari kami. Temukan pilihan produk Greenlight yang cocok buat daily wear kamu di official store dan webstore.

Kembali ke blog
whatsapp